
Pasar adalah Macy yang baru: hingga pembukaannya yang besar, merek dan distributor bekerja dari toko mereka sendiri, mempertahankan pelanggan setia. Kehadiran budaya mal berarti bahwa merek dapat memperoleh eksposur yang lebih besar dan pelanggan baru di tempat yang lebih mudah ditemukan … tetapi di antara persaingan yang sangat besar.
Menjual produk di satu atau beberapa pasar online adalah bagian penting dari strategi e-niaga multisaluran. Sebagai penjual, Anda tidak boleh berhenti mengerjakan situs web dan aplikasi seluler Anda sendiri, karena semuanya disesuaikan sepenuhnya dan di bawah kendali, tetapi mencari saluran penjualan baru adalah taktik yang masuk akal. Anda harus hadir di semua pesta.
Apakah disarankan untuk memposisikan produk Anda di semua pasar online yang ada? Mana yang lebih cocok menurut jenis katalog atau perusahaannya? Bagaimana cara memilih pasar ideal Anda?
Marketplaces 1.0: Apa itu pasar dan fitur utamanya
Pasar online adalah platform digital dengan situs web dan versi aplikasi seluler online / offline, di mana beberapa penjual dan vendor menawarkan daftar produk, dengan imbalan beberapa biaya pasar (yang dapat berupa per item yang dijual, kategori produk, manajemen, pengiriman…).
Pasar adalah mimpi yang menjadi kenyataan bagi pengecer dan pelanggan: Anda dapat menemukan apa saja dan dalam kondisi yang sama (setidaknya secara teoritis), karena semua halaman produk sangat mirip.
Meskipun setiap pasar memiliki aturan penerimaan yang kurang lebih kaku sebagai penjual atau vendor, sistem mereka tidak sesederhana dan demokratis. Seperti yang terjadi pada mesin pencari online, di pasar beberapa produk menonjol di atas yang lain tergantung pada variabel dan algoritma yang harus diperangi pengecer. Misalnya, diketahui bahwa ulasan Amazon memainkan peran yang sangat penting dalam penentuan posisi penjual, dan peringkat buruk merusak reputasi produk lebih banyak daripada di pasar lain seperti eBay.
Jenis pasar online apa yang ada di pasar?
Mereka semua terlihat sama, tetapi kebijakan dan proses yang disiratkannya kepada penjual sangat berbeda. Setiap pasar unik dan menawarkan berbagai jenis katalog, pelanggan rata-rata, citra publik, dan biaya untuk pengecer dan vendor .
Mari kita lihat 5 jenis utama pasar online di pasar:
- Sesuai permintaan: Pasar paling umum untuk layanan, berdasarkan penawaran respons instan terhadap permintaan pengguna dengan jaringan pemasok, seperti Uber atau Deliveroo.
- Dikelola: Jenis pasar terpenting dalam e-commerce B2C dan B2B. Produsen dan distributor menawarkan produk mereka dalam platform yang dikelola oleh pihak ketiga, yang mengelola proses penjualan, komisi penjual dan penyimpanan tambahan, pengiriman dan dukungan analisis logistik. Dari Amazon hingga Rakuten, ini adalah pasar yang paling banyak digunakan di antara pengecer dan pelanggan.
- Digerakkan oleh komunitas: Ini adalah lingkungan pembangunan komunitas, dengan penjual dan pengrajin kecil yang secara pribadi mengelola proses penjualan, pengiriman, pengembalian, dan layanan pelanggan, seperti Etsy, meskipun perusahaan manajemen juga berpartisipasi dalam pasar ini.
- SAAS: Perangkat lunak gratis dan sumber terbuka menarik bagi bisnis kecil dan penjual yang ingin membangun situs web mereka sendiri di dalam platform yang lebih besar. Ini membutuhkan lebih banyak pengetahuan teknis dan upaya pemeliharaan, dan tidak sepenuhnya gratis, karena pasar hosting memiliki beberapa komisi penjualan.
- Terdesentralisasi: Pasar ini menggunakan sistem P2P (peer-to-peer): siapa pun dapat menjual dan membeli apa saja, tanpa pengawasan pihak ketiga. Sepertinya dunia bebas, tapi juga berbahaya, karena bisa dijadikan platform untuk barang dagangan ilegal.
Manfaat pasar online
Beberapa penjual dan bisnis kecil berpikir bahwa menjual produk mereka di pasar lebih murah daripada merancang situs web dan mencari alat perangkat lunak yang mengelola beberapa platform e-niaga. Awas! Ini bisa menjadi kasus untuk merek dengan katalog kecil dan audiens yang sangat terfokus. Tetapi pasar juga merupakan investasi untuk perusahaan dan merek profesional apa pun. Dan itu perlu jika Anda ingin memeras semua manfaatnya!
Pasar online memberi Anda keuntungan berikut:
- Visibilitas digital: Banyak pembeli menggunakan pasar sebagai mesin telusur utama mereka dan dengan cara ini Anda dapat membuat kehadiran Anda di lebih banyak saluran berkembang. Selain itu, pelanggan merasa lebih percaya diri saat membeli produk di pasar online.
- Pelanggan yang beragam: Pelanggan setia Anda mengetahui merek Anda dan akan terus merekomendasikannya, tetapi ini adalah profil yang telah Anda pelajari secara mendetail sebelumnya. Bagaimana jika Anda dapat menjangkau pembeli yang belum pernah Anda temui sebelumnya, atau mencoba relung demografis baru dan menemukan peluang penjualan baru?
- Penguatan SEO: Anda harus memantau SEO situs web Anda sepanjang waktu dan tidak disarankan untuk terlalu sering mengubah salinan dan desain. Tetapi Anda dapat menguji kata kunci dan kampanye iklan dengan daftar produk Anda dan menemukan apa yang paling menarik lalu lintas di pasar!
- Manajemen yang mudah: Menambahkan lebih banyak platform penjualan dan distribusi ke strategi e-commerce omni-channel Anda bukanlah masalah berkat dukungan pasar (mereka dapat menyimpan dan mengirimkan produk Anda jika Anda mau).
– Jangan lupa strategi pemasaran multi-saluran Anda untuk pasar online! –
Jika Anda ingin memiliki strategi omni-channel dengan beberapa pasar online, pertama-tama pelajari semua jenis dan pikirkan mana yang paling cocok untuk Anda dan tampaknya lebih menguntungkan untuk memulai. Kemudian, kami akan membantu Anda menjaga informasi produk Anda tetap teratur di semua pasar dan saluran Anda, dengan nyaman, mudah, tanpa kesalahan .
source : https://blog.saleslayer.com