Skip to content
Program Studi Manajemen | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis | UMA
youtube
instagram
id Indonesian
en Englishid Indonesian
JURUSAN MANAJEMEN TERBAIK DI SUMUT
Call Support 0852-9641-9999
Email Support manajemen@uma.ac.id
Location Jl. Setia Budi No.79 B Medan
  • BERANDA
  • PROFIL
    • AKREDITASI
    • FUNGSIONARIS
    • STRUKTURAL
    • Visi & Misi
  • AKADEMIK
    • INFORMASI AKADEMIK
      • Akademik Online
      • E-Learning
      • Jurnal
      • Lapor AOC
    • JADWAL AKADEMIK
      • JADWAL KULIAH
      • JADWAL PRAKTIKUM
      • JADWAL SEMINAR
      • JADWAL UJIAN
      • JADWAL SEMESTER ANTARA
      • JADWAL WISUDA
    • KALENDER AKADEMIK
    • KURIKULUM
      • Semester I
      • Semester II
      • Semester III
      • Semester IV
      • Semester V
      • Semester VI
      • Semester VII
      • Semester VIII
    • DOSEN PENASEHAT AKADEMIK
  • AKTIVITAS PRODI
    • Kegiatan Prodi
    • Prestasi Prodi
  • MAHASISWA
    • Beasiswa
    • Sistem Informasi
      • Data Mahasiswa
      • Blog Mahasiswa
      • Jurnal Mahasiswa
      • AOC
      • E-Learning
      • APIK
      • KUOTA
      • OPAC
      • Webmail
      • SIPRODI
    • Prestasi Mahasiswa
  • DOSEN
    • Dosen Prodi
    • Blog Dosen
    • Aktivitas Dosen
    • Prestasi Dosen
    • Jurnal Dosen
    • AOC
    • RKTS
    • RPS
    • TKTD
    • E-Learning
    • OPAC UMA
    • Webmail
  • ARSIP
    • Dokumen Prodi
    • Pengumuman
  • ALUMNI
    • Tracer Study
    • Data Alumni
    • Layanan Alumni
    • Aktivitas Alumni
    • Prestasi Alumni
  • LABORATURIUM
    • Informasi Laboratorium
    • Aplikasi Laboratorium
  • Hubungi Kami

Sosialisasi Pasar Modal Oleh Otoritas Jasa Keuangan dan Bursa Efek Indonesia

Home > Aktivitas Dosen > Sosialisasi Pasar Modal Oleh Otoritas Jasa Keuangan dan Bursa Efek Indonesia

Sosialisasi Pasar Modal Oleh Otoritas Jasa Keuangan dan Bursa Efek Indonesia

Posted on December 1, 2022January 13, 2023 by admin
13 Comments

Pasar modal dan bursa efek adalah dua istilah yang cukup sering terdengar. sebagai mahasiswa yang menempuh disiplin ilmu ekonomi dan bisnis wajib memahami apa itu kedua istilah yang sebagai ilmu khusus dalam perekonomian. dalam kesempatan pelatihan yang diadakan pada tanggal 23 november 2022 di ruangan laboratorium digital akuntansi fakultas ekonomi dan bisnis universitas medan area IDX indonesia sebagai pemateri dalam kegiatan ini. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Medan Area, Ahmad Rafiki, BBA (Hons), MMgt, Ph.D, CIMA membuka acara dengan menyampaikan kepada para peserta agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan ini karena banyak ilmu yang bermanfaat serta ini di peruntunkan untuk mahasiswa khususnya fakultas ekonomi dan bisnis harus bisa memanajemen bangsa pasar bagaimana pemasaran yang handal di era sekarang ini.

pembicara menyampaikan Pasar modal (capital market) adalah pasar keuangan yang mempertemukan pembeli dan penjual. Instrumen keuangan yang diperjualbelikan biasanya memiliki periode jangka panjang, seperti surat utang (obligasi), reksa dana, ekuiti (saham), instrumen derivatif maupun instrumen lainnya. Pasar modal bukan sekadar tempat jual beli saham, melainkan meliputi kegiatan-kegiatan seperti penawaran umum dan perdagangan efek. Pasar modal merupakan sarana pendanaan dan kegiatan berinvestasi bagi perusahaan maupun institusi, termasuk pemerintah. Transaksi di pasar modal melibatkan jasa perantara, komisioner, dan juga underwriter.

Cara Kerja Pasar Modal Bagaimana pasar modal bekerja? Mari kita ambil contoh obligasi. Obligasi diterbitkan oleh pemerintah atau perusahaan ketika mereka ingin mengumpulkan uang. Risiko obligasi pemerintah dinilai aman karena didukung oleh penerimaan pajak yang besar dari pemerintah. Dengan membeli obligasi, kamu memberikan pinjaman kepada penerbit dan mereka setuju untuk membayar. Kamu akan menerima pengembalian pinjaman tersebut pada tanggal tertentu beserta bunganya. Tidak seperti saham, obligasi yang diterbitkan tidak memberimu hak kepemilikan. Artinya, kamu tidak akan mendapat manfaat dari pertumbuhan perusahaan. Sebaliknya, kamu juga tidak akan terdampak saat bisnis penerbit tidak berjalan dengan baik—selama masih memiliki sumber daya untuk tetap menjalankan pinjamannya. Obligasi, kemudian, memberimu dua manfaat potensial saat kamu memegangnya sebagai bagian dari portofolio. Kedua manfaat itu adalah memberimu aliran pendapatan dan mengimbangi beberapa volatilitas yang mungkin kamu lihat dari memiliki saham.

Cara mudah untuk berpikir tentang bursa efek adalah dengan menganggapnya sebagai jaringan bursa saham tempat para pedagang dan investor membeli dan menjual saham perusahaan publik. Cara Kerja Bursa Efek Perusahaan mencatatkan saham mereka di bursa melalui proses yang disebut initial public offering (IPO). Ketika Anda membeli saham perusahaan publik, Anda membeli sebagian kecil dari perusahaan itu. Investor membeli saham tersebut, yang memungkinkan perusahaan mengumpulkan uang dari publik untuk mengembangkan bisnisnya. Setelah perusahaan terdaftar di bursa saham, sekarang menjadi perusahaan publik dan investor dapat membeli dan menjual saham perusahaan di bursa yang melacak harga saham. Investor dapat membeli dan menjual saham ini di antara mereka sendiri. Ini semua mungkin terdengar rumit. Tetapi, algoritma komputer umumnya melakukan sebagian besar perhitungan penetapan harga. Saat membeli saham, Anda akan melihat bid, ask, dan bid-ask spread di situs web broker Anda. Tetapi, dalam banyak kasus, perbedaannya hanya sedikit, dan tidak akan menjadi perhatian banyak investor pemula dan jangka panjang.

Di Indonesia, perusahaan yang akan memperdagangkan sahamnya di publik harus mendaftarkan diri di bursa efek. Dengan mencatatkan saham mereka di bursa efek, maka saham mereka bisa diperjualbelikan kepada publik. Untuk prosesnya bakal difasilitasi oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Namun demikian, untuk mencapai hal tersebut, perusahaan tersebut harus memenuhi persyaratan atau listing dari BEI.

ARTIKEL TERKAIT : 

Monev Program Kompetisi Kampus Merdeka Tahun aturan 2022

13 thoughts on “Sosialisasi Pasar Modal Oleh Otoritas Jasa Keuangan dan Bursa Efek Indonesia”

  1. Pingback: Orientasi Pelanggan – JURUSAN MANAJEMEN TERBAIK DI SUMUT
  2. Pingback: Karakteristik Tenaga Kerja Terlibat – JURUSAN MANAJEMEN TERBAIK DI SUMUT
  3. Pingback: Pengambilan Keputusan dalam Tim Mandiri – JURUSAN MANAJEMEN TERBAIK DI SUMUT
  4. Pingback: Gambaran Umum Kerangka Kompetensi dan Manfaatnya – JURUSAN MANAJEMEN TERBAIK DI SUMUT
  5. Pingback: Mempelajari Tali Penjualan Konsultatif – JURUSAN MANAJEMEN TERBAIK DI SUMUT
  6. Pingback: Persamaan dan Perbedaan Implementasi Kerangka Mutu pada Sektor Manufaktur dan Jasa – JURUSAN MANAJEMEN TERBAIK DI SUMUT
  7. Pingback: Keterlibatan Karyawan dan Retensi Karyawan – JURUSAN MANAJEMEN TERBAIK DI SUMUT
  8. Pingback: Strategi Berbasis Pengetahuan dan Kompetensi – JURUSAN MANAJEMEN TERBAIK DI SUMUT
  9. Pingback: Bisnis Internasional dan Penolakan terhadap Aktivitasnya – JURUSAN MANAJEMEN TERBAIK DI SUMUT
  10. Pingback: Survei Tingkat Pasar dan Riset Penghargaan – JURUSAN MANAJEMEN TERBAIK DI SUMUT
  11. Pingback: Peran Pimpinan dalam Mengenal Karyawan – JURUSAN MANAJEMEN TERBAIK DI SUMUT
  12. Pingback: Langkah Menuju Ketangkasan Organisasi – JURUSAN MANAJEMEN TERBAIK DI SUMUT
  13. Pingback: Pelatihan Microsoft Office Specialist (MOS) – JURUSAN MANAJEMEN TERBAIK DI SUMUT

Comments are closed.

PENCARIAN

KAITAN UMA

 

 

KAMPUS I
Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate / Jalan Gedung PBSI, Medan 20223
(061) 7360168, 7366878, 7364348. Call Canter : 0822-6777-1313, 0822-6777-1314, 0813-7095-7775
(061) 7368012
univ_medanarea@uma.ac.id
KAMPUS II
Jalan Sei Serayu Nomor 70 A / Jalan Setia Budi Nomor 79 B, Medan 20112
(061) 8225602, 8201994 HP : 0811 607 259
(061) 8226331
doc_manajemen@gmail.com
Copyright 2016-2023 © by PDAI Universitas Medan Area