Perlunya Survei Harga Pasar dan Riset Penghargaan
Artikel sebelumnya dalam modul ini membahas bagaimana perusahaan harus menyadari tren pasar saat memutuskan kompensasi dan penghargaan nonmoneter. Ini terutama terjadi ketika bakat premium harus dihargai. Karena bakat berkualitas tinggi akan bermigrasi ke perusahaan di mana mereka diberi imbalan yang memadai, maka perusahaan untuk mempertahankan mereka harus melakukan survei tingkat pasar dan terlibat dalam penelitian tentang struktur penghargaan di perusahaan lain dalam industri yang sama. Selanjutnya, bahkan untuk mempertahankan talenta lain, perusahaan harus meneliti tarif pasar minimum untuk mempekerjakan karyawan sehingga mereka dapat mendasarkan kebijakan kompensasi mereka dengan tepat. Tema utama di sini adalah ituuntuk menjadi perusahaan yang kompetitif harus mengukur suasana pasar serta memahami bagaimana pesaing mereka membayar dan jenis sistem penghargaan yang berlaku di sana . Hal ini terutama terjadi pada Industri TI di mana persaingan untuk mendapatkan talenta dan talenta berkualitas tinggi sangat ketat.
Beberapa Contoh Dunia Nyata
Banyak perusahaan di pasar negara berkembang seperti India, Cina, dan Brasil melakukan riset tarif pasar untuk memahami bagaimana perusahaan global membayar karyawannya. Karena perusahaan pasar yang sedang berkembang ini ingin meniru dan mengimitasi struktur gaji perusahaan multinasional, mereka sering membandingkan sistem penghargaan mereka dengan perusahaan-perusahaan ini. Di India, banyak perusahaan seperti Infosys dan Wipro telah menetapkan strategi kompensasi mereka setelah meneliti strategi perusahaan multinasional dan meskipun gaji pokok jauh lebih rendah, mereka mengikuti komponen struktur gaji yang luas. Lebih lanjut, dengan banyak perusahaan multinasional seperti Fidelity mengikuti norma global dan kelas dunia dalam sistem imbalan nonmoneter dan moneter, mereka adalah contoh dan panutan bagi perusahaan lain untuk mengikutinya. Dengan cara ini,
Proses Survei Harga Pasar dan Riset Penghargaan
Cara perusahaan melakukan riset tingkat pasar adalah dengan menyewa perusahaan konsultan riset pasar untuk melakukan survei gaji dan untuk mengetahui setiap tahun berapa banyak kenaikan yang dibagikan perusahaan lain. Dengan melibatkan layanan dari perusahaan-perusahaan ini, perusahaan akan mengetahui tren industri dan memastikan bahwa mereka tidak berada di belakang atau terlalu jauh di atas norma industri. Dalam konteks krisis ekonomi global yang sedang berlangsung, semakin penting untuk melakukan riset harga pasar karena perusahaan harus mengetahui standar industri untuk kenaikan dan kemudian mendasarkan kenaikan tahunan mereka sesuai dengan itu. Ini adalah beberapa praktik yang digunakan perusahaan ketika memutuskan jumlah kenaikan dan kenaikan gaji setiap tahun.
Menutup Pikiran
Terakhir, seperti dalam istilah bisnis, perusahaan harus kompetitif dalam hal kenaikan gaji dan juga sistem penghargaan. Oleh karena itu, ada kebutuhan mendesak untuk memahami tren industri dan mendasarkan sistem kompensasi seseorang. Seperti disebutkan sebelumnya, hanya perusahaan-perusahaan yang berhasil menjadi kompetitif adalah perusahaan yang paling disukai di mana bakat berkualitas tinggi bermigrasi.
ARTIKEL TERKAIT :
Sosialisasi Pasar Modal Oleh Otoritas Jasa Keuangan dan Bursa Efek Indonesia