Membangun rencana Pemasaran Elektronik untuk bisnis atau produk apa pun cukup menarik dan menantang. Apa yang membuatnya lebih menarik adalah kenyataan bahwa tidak seperti saluran tradisional di mana seseorang perlu bergantung pada survei pasar dan cara lain untuk mengukur perilaku pelanggan, dengan menggunakan data pencarian internet seseorang dapat memiliki umpan balik instan tentang pelanggan dan data ini kemudian dapat dianalisis dan digunakan untuk membangun strategi produk sekaligus strategi pemasaran.
Pencarian adalah alat dasar yang menghubungkan pelanggan ke produk dan penjual di internet. Mesin pencari telah membangun proses dan algoritma untuk mengidentifikasi, mengumpulkan data dan bekerja pada data kata pencarian yang digunakan oleh jutaan pengguna internet. Paling sering kata pencarian terbatas pada satu atau maksimal tiga kata. Variasi dan kata-kata yang digunakan oleh para pencari dapat bervariasi tetapi akan tetap relevan untuk satu subjek. Jika Anda mengambil contoh orang Amerika dan Kanada yang ingin bermigrasi ke Meksiko untuk pensiun, Anda akan menemukan bahwa ada beberapa ribu hits pada kata-kata seperti ‘Migrate to Mexico’, ‘Expat heaven in Mexico’ dan Retirement in Mexico’ dll.
Mesin pencari menangkap dan menganalisis semua data dan dibangun untuk meminta kata-kata kepada pengguna . Saat seseorang mengetik beberapa huruf, mesin pencari meminta opsi lainnya, yang menunjukkan bahwa mesin pencari memiliki data tentang informasi yang paling dicari di internet dan di area yang dilihat.
Data pencarian dapat diekstrapolasi untuk menghasilkan berbagai informasi tentang perilaku Konsumen. Data dapat dianalisis untuk memahami apa sebenarnya maksud pelanggan, apa sebenarnya yang dicari calon pelanggan dan detail lebih lanjut tentang berapa banyak pelanggan yang mencari informasi yang sama, lokasi geografis pencari, dll. Semua detail ini dapat dihasilkan menjadi dan sedang digunakan oleh perusahaan dan didirikan untuk membangun produk dan layanan yang lebih baik yang dicari pelanggan dan juga untuk membangun kecocokan yang tepat. Ambil contoh akomodasi selama musim panas di Inggris. Dari data informasi pencarian jutaan pengguna yang mencari informasi spesifik tentang akomodasi di Inggris, sangat banyak detail mengenai lokasi yang tepat, jenis dan ukuran akomodasi serta anggaran dan persyaratan lainnya dapat ditabulasikan. Jumlah calon pelanggan juga dapat dipetakan secara lokasi. Analisis terperinci semacam itu dapat membantu operator tur untuk membuat produk khusus yang sesuai dengan pelanggan sesuai dengan temuan. Dalam hal penjualan mobil, perusahaan manufaktur Mobil dapat melihat siapa dan berapa banyak yang mencari jenis mobil apa, apa persyaratan khusus mereka dalam hal prioritas baik itu fitur keselamatan, kecepatan, jarak tempuh atau biaya dll Selain itu, komunikasi pemasaran juga dapat ditujukan pada kelompok pelanggan tertentu sehingga lebih spesifik dan disesuaikan untuk menarik perhatian. Data membantu membangun komunikasi pemasaran khusus pelanggan dan satu lawan satu. Semua latihan pemasaran dan branding dapat dilakukan dengan biaya yang sangat kecil dibandingkan dengan iklan media tradisional.
Sejalan dengan perubahan gaya hidup dan ekonomi, perilaku pelanggan bervariasi dan berubah. Ini juga dapat dilacak dengan mudah menggunakan data pencarian dan tergantung pada laporannya; produk dan jasa dapat dimodifikasi atau disesuaikan untuk memenuhi persyaratan baru. Selain itu, data yang dikumpulkan tentang perilaku konsumen juga dapat digunakan untuk membangun strategi pemasaran untuk saluran tradisional juga.
Data pencarian memberi Anda banyak wawasan tentang pelanggan Anda, latar belakangnya, kebiasaannya, preferensinya, serta perilaku pembeliannya. Ini juga memberikan gambaran tentang kompetisi juga. Ukuran pasar, kepekaan pasar dan konsumen, memberikan informasi spesifik kepada pemasar yang dapat membantu dalam membangun produk dan layanan yang sesuai dengan harapan pelanggan dan seseorang dapat melihat cara dan cara untuk mengalahkan persaingan juga. Jika pelanggan mencari ‘Termurah’ dan belum tentu ‘Terbaik’, Anda tahu bagaimana Anda harus memposisikan produk Anda ke pelanggan tersebut.
Optimasi SEO adalah bagian dari rencana E Marketing yang menggunakan data pencarian dan kata kunci untuk membangun tautan dan konten situs web yang relevan dan untuk menarik pelanggan . Selain itu, manajer pemasaran menemukan data pencarian menjadi tambang emas yang memberi mereka wawasan lengkap tentang pelanggan dan membantu membangun produk, harga, promosi dan strategi distribusi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Artikel Sebelumnya :